Amalan Shalih di Awal Bulan Dzulhijjah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Nabi _shallallahu 'alaihi wasallam_ telah bersabda;

ما من أيام العمل الصالح فيها أحبّ إلى الله من هذه الأيام - يعني أيام العشر 

“Tidak ada hari-hari yang amalan shalih itu lebih baik dan lebih dicintai Allah dari pada (amalan-amalan) di hari-hari ini -yakni sepuluh awal bulan Dzulhijjah.”
(HR lmam Bukhari) 

Dan beliau tidak membatasi jenis tertentu dari amalan-amalan shalih. Maka hendaknya seorang muslim bersungguh-sungguh dalam mengerjakan amalan-amalan shalih yang berupa takbir, dan ini merupakan syiar hari-hari tersebut. Allah Ta'ala berfirman:

وَاذْكُرُوا اللّٰهَ فِيْۤ اَيَّامٍ مَّعْدُوْدٰتٍ 

"Dan berzikirlah kepada Allah pada hari-hari yang telah ditentukan jumlahnya."
(QS. Al-Baqarah: 203).

Maksud dari hari-hari yang telah ditentukan jumlahnya ini adalah sepuluh awal dari bulan Dzulhijjah. Dan berdzikir itu bisa dengan takbir, tahlil, tasbih lalu memperbanyaknya. Demikian pula puasa, yakni berpuasa pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Juga berbagai amal ketaatan yang lain. 

Hendaknya seorang muslim bersungguh-sungguh  pada sepuluh hari pertama bulan tersebut, karena itu merupakan hari-hari yang mubarok (diberkahi) dan amalan-amalan pada hari-hari tersebut memiliki keutamaan yang besar.

Semoga Allah mudahkan kita semua dengan taufik-Nya untuk bisa mengerjakan amal-amal shalih yang Dia cintai dan kita meraih keutamaannya. Aamiin


Comments

Popular posts from this blog

Keistimewaan di bulan Dzulhijjah

Bagaimana berteman dengan non-Muslim?