Hati-Hati, Beberapa Hal yang Membatalkan Keislaman

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 
Sesungguhnya Allah SWT mewajibkan seluruh hamba-Nya untuk berpegang teguh kepada agama Islam, serta menjaga segala sesuatu yang akan menyimpangkan mereka dari agama yang suci ini. Allah SWT sudah mengutus Rasulullah dengan amanat yang suci mengingatkan umat manusia, bahwa barang siapa yang telah mengikuti seruan para rasul maka dia telah mendapatkan hidayah, dan bagi yang berpaling maka dia tersesat. 
Di dalam Kitabullah, Allah sudah mengingatkan manusia tentang perkara-perkara yang menjadi sebab kemurtadan seseorang dari agama Islam. Berikut 10 hal yang sudah disebutkan ulama sebagai perbuatan bertentangan yang paling berbahaya dan paling banyak dilakukan oleh umat Islam, yaitu:
1. Menyekutukan Allah. Dijelaskan dalam surat An-Nisa 116 yang artinya:
    “Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa orang yang menyekutukan-Nya dan mengampuni selain dosa syirik bagi siapa yang dikehendaki..”

2. Menjadikan sesuatu atau seseorang sebagai perantara doa, atau permohonan syafaat. Hal ini juga termasuk dalam kategori syirik. Dijelaskan dalam surat Al-maidah 72 yang artinya:
    “Sesungguhnya siapa saja yang mempersekutukan sesuatu dengan Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya adalah neraka. Tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolong.”
Selain itu, perbuatan yang sama dengan ini yaitu permohonan pertolongan dan doa kepada orang mati serta bernadzar dan menyembelih kurban untuk mereka. 

3. Menyangsikan kekafiran orang musyrik dan bahkan membenarkan mazhab mereka. 

4. Berkeyakinan bahwa petunjuk yang berasal selain dari Nabi Muhammad lebih sempurna dan lebih baik. Menganggap suatu hukum atau undang-undang lainnya lebih baik dibandingkan syariat Rasulullah. 

5. Membenci sesuatu yang datangnya dari Rasulullah, meskipun ia sedang mengamalkannya. Dijelaskan dalam surat Muhammad ayat 9, yang artinya:
    “Demikian itu karena sesungguhnya mereka benci terhadap apa yang diturunkan Allah, maka Allah menghapuskan pahala amal-amal mereka.”

6. Mengolok sebagian dari hal yang berhubungan dengan agama yang dibawa Rasulullah, misalnya mengenai pahala dan balasan. 

7. Sihir. Misalnya memelet seseorang dari benci jadi suka. Mengubah perasaan seseorang dengan bantuan syaitan. 

8. Mengutamakan orang kafir serta memberikan pertolongan dan bantuan kepada orang musyrik lebih dari bantuan yang diberikannya kepada muslim. 

9. Beranggapan bahwa manusia bisa leluasa keluar dari syariat Islam. 

10. Berpaling dari agama, baik karena dia tidak mau mempelajarinya atau tidak mau mengamalkannya. 







Comments

Popular posts from this blog

Keistimewaan di bulan Dzulhijjah

Bagaimana berteman dengan non-Muslim?