Keistimewaan di bulan Dzulhijjah

 

KEISTIMEWAAN BULAN DZULHIJJAH 

Terutama 10 hari pertama dari bulan suci ini

Tahun ini, pada hari-hari ahir bulan juli tahun masehi merupakan awal dari bulan Dzulhijjah tahun 1441 Hijriah. Siapa yang tidak kenal salah satu bulan suci kita ini?

Bulan yang dimana para penganut Islam melaksanakan Haji bagi mereka yang mampu. Namun, dikarenakan virus COVID 19 ini jumlah jamaat yang akan berangkat pun dibatasi. Selain Haji, tidak kita lupakan Hari Raya Idul Adha yaitu hari ketika kita menyembelih kurban yang berdasarkan Nabi Ibrahim yang diperintah Allah untuk menyembelih putranya Ismail.

Selain dua Hari Besar itu, apa lagi?

Allah SWT sendiri berfirman dalam Al-Quran mengenai 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah:

وَالْفَجْرِ. وَلَيَالٍ عَشْرٍ. وَالشَّفْعِ وَالْوَتْرِ

“Demi waktu fajar. Demi sepuluh malam pertama bulan Dzulhijjah. Demi hari arafah (tanggal 9 Dzulhijjah) dan demi hari raya qurban” (QS al-Fajr: 1-3).

Dalam suatu Hadits juga menyatakan: "Tidaklah ada hari-hari di mana amal saleh di dalamnya lebih dicintai Allah dibanding hari-hari ini (yakni 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah). Lalu para sahabat berkata, "Tidak juga jihad di jalan Allah, wahai Rasulullah?" Rasulullah menjawab, "Tidak juga jihad di jalan Allah, kecuali orang yang keluar untuk berjihad dengan diri dan hartanya kemudian semuanya itu tidak kembali lagi (yakni mati syahid)." (HR. Bukhari)

Hari-hari dalam bulan Dzulhijjah juga penuh makna dan banyak disunahkan melakukan amalan-amalan yang baik, seperti

Ø  Hari Tarwiyah pada tanggal 8 Dzulhijjah.

Tarwiyah berasal dari kata ar-rawiyah yang artinya berfikir atau merenung. 8 Dzulhijjah disebut hari Tarwiyah karena pada hari itu, Nabi Ibrahim berfikir dan merenungkan isi dari mimpinya. Pada hari Tarwiyah, umat muslim yang tidak melaksanakan ibadah haji dianjurkan untuk berpuasa. Seperti dalam suatu hadits, Rasulullah bersabda:

“Barang siapa yang tidak melakukan ibadah haji, maka ia disunahkan baginya untuk berpuasa pada hari tarwiyah yaitu hari ke-8 bulan Dzulhijjah di mana ia akan memperoleh kebaikan dari Allah berupa pengampunan dosa 1 tahun yang telah lalu." (HR. Bukhori)

Ø  The 9th day of Dzulhijjah ‘Youmul – Arafah”

Hari Ke-9 bulan Dzulhijjah yang disebut juga Yaimul Arafah merupakan hari dimana para jamaah haji melaksanakan wukuf di padang Arafah. Dan pada hari tersebut, umat muslim yang tidak melaksanakan ibadah haji dianjurkan untuk berpuasa sunah.

Abu Qataadah(radhiyallahu anhu) reported that Rasullullah(sallallahu alaiyhi wassallam) said: ” I have hope in Allah Ta’ala that the fast of Arafaat will be an atonement for the sins of the past and the forthcoming year.” (Tirmizi). Yang artinya, terhapuslah dosa satu tahun yang lalu dan kedepannya bagi yang berpuasa di hari Arafah

Nah mendengar itu ayo jangan lupa untuk berpuasa di hari tersebut yang bertepatan pada tanggal 30 Juli 2020

أَفْضَلُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ ‏‏عَرَفَةَ ‏‏وَأَفْضَلُ مَا قُلْتُ أَنَا وَالنَّبِيُّوْنَ مِنْ قَبْلِيْ ‏لَا إلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ (رواه الإمام مالك

Maknanya:

“Doa yang paling utama adalah doa pada hari arafah dan sebaik-baik yang aku dan para nabi sebelumku ucapkan adalah kalimat tauhid, yaitu لَا إلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ” (HR Imam Mali)

Ø Hari An-Nahr pada tanggal 10 Dzulhijjah.

An-Nahr artinya adalah menyembelih. Tanggal 10 Dzulhijjah merupakan hari di mana umat muslim melakukan penyembelihan hewan kurban sekaligus merayakan hari Raya Idul Adha. Selain menyembelih hewan qurban, umat muslim juga melaksanakan sholat sunah Idul Adha. Pada hari itu, umat muslim dilarang untuk berpuasa karena masuk hari Nahr.

Ø Hari Tasyrik 11-13 Dzulhijjah

Rasulullah bersabda:

"Hari-hari Mina (hari nahr dan tasyriq) adalah hari-hari makan dan minum serta berdzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala." (HR. Muslim)

Dalam bulan Dzulhijjah juga dianjurkan untuk memperbanyak membaca Dzikir, Takbir, Tahlil, seperti pada hadits:

“Tidak ada amal yang dilakukan di hari yang lebih agung dan lebih dicintai Allah melebihi amal yang dilakukan pada tanggal 1 – 10 Dzulhijjah. Oleh karena itu, perbanyaklah membaca tahlil, takbir, dan tahmid pada hari itu.” (HR. Ahmad dan Sanadnya dishahihkan Syekh Ahmad Syakir).


Siti Nur Annisa (Mahasiswa IAIN Padangsidimpuan)

 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana berteman dengan non-Muslim?