Manfaat Agama Bagi Kesehatan

Assalamu'alaikum wr.wb.

Sebelum kita mengkaji kepada manfaat agama, kita akan membahas hubungan agama dan kesehatan. 

Hubungan atau relasi antara agama sebagai keyakinan, dengan kesehatan jiwa yaitu terletak pada sikap berserah diri terhadap suatu kekuasaan Yang Maha Tinggi. Dengan sikap tersebut, akan timbul sikap optimis pada diri sehingga muncul pula perasaan positif seperti bahagia, puas, sukses, merasa dicintai atau merasa aman. 

Dari penjelasan tersebut, dapat kita pahami betapa berpengaruhnya agama bagi kesehatan. Karena seperti halnya orang yang beribadah sesuai kepercayaannya, kita bisa melihat mereka merasa lebih damai, tenang, bahagia, serta dipenuhi perasaan kasih sayang dari orang-orang sekitarnya. Beberapa hal tersebut menjadi alasan mengapa agama dapat membuat seseorang lebih sehat. 

Berikut beberapa manfaat agama bagi kesehatan:

1. Mengajarkan cara hidup sehat

Sebagian besar agama mengajarkan penganutnya untuk melakukan hal-hal yang menyehatkan seperti berpuasa serta menjauhi perilaku beresiko seperti penggunaan narkoba, seks bebas, dan mabuk-mabukan. 

2. Hidup jadi lebih positif

Orang yang memiliki agama tertentu dan menjalaninya dengan baik akan cenderung berpola pikir positif atau optimis, memiliki lebih banyak teman, dan lebih dekat dengan keluarga. Semua hal ini merupakan faktor yang mendukung kesehatan. Sikap optimis akan membuat tubuh lebih sehat dan memiliki resiko lebih rendah untuk mengalami gangguan jiwa seperti depresi. 

3. Memberi dukungan sosial

Dengan menghadiri acara keagamaan atau ibadah, seseorang akan bertemu dan berinteraksi dengan umat seiman serta menjadi bagian dalam kelompok tersebut. Dan kelompok umat beragama akan saling mendukung secara sosial satu sama lain. 

4. Mengurangi stres

Ritual agama seperti berdoa dan sholat, juga dapat menjaga diri dari stres. Sedangkan mengendalikan diri dari stres dengan baik dapat membantu tubuh terhindar dari berbagai penyakit. 

5. Memberikan tujuan hidup. 


Poin-poin tersebut adalah berbagai manfaat agama bagi kesehatan. Tapi bukan berarti orang yang tidak beragama kurang sehat ya... 






Comments

Popular posts from this blog

Keistimewaan di bulan Dzulhijjah

Bagaimana berteman dengan non-Muslim?