Keutamaan Membaca Surah Al-Mulk

Assalamu'alaikum wr.wb.

Surah Al-Mulk merupakan surah ke 67 dalam al-qur'an yang terletak tepatnya di awal juz 29. Surah ini termasuk pada golongan Surah makkiyah dengan jumlah ayatnya yang terdiri dari 30 ayat. 

Al-Mulk diartikan dengan Kerajaan. Dengan artian kerajaan langit dan bumi sebagai simbol Kekuasaan Allah SWT. Sesuai dengan artian tersebut, isi Surah ini juga menggambarkan tentang kekuasaan serta kesempurnaan ciptaan Allah dengan penjagaan yang sempurna. 

Ada beberapa manfaat dan keutamaan  yang bisa kita dapatkan dengan membaca surah Al Mulk, sebagai berikut:

1. Mendapatkan pengampunan dosa

Dari Abu Huroiroh, Rasulullah Saw bersabda:

“Ada surat dari Alqur’an yang terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat memberikan syafa’at bagi ‘temannya’ (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surat Tabarokalladi bi yadihil mulk“. (HR. Abu Dawud)

2. Terhindar dari siksa kubur dan siksa neraka

Dari Abdulloh bin Mas’ud mengatakan:

“Barangsiapa membaca surat Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Alloh azza wajalla menghindarkannya dari adzab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rosululloh-shollallohu alaihi wasallam- (masih hidup) menamainya “al-Mani’ah” (penghindar/penghalang). "Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabulloh, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan” (H.R. An-Nasai)

3. Terhindar dari maksiat

Hal ini terjadi tentunya dengan pemahaman kita terhadap tafsiran surat Al Mulk. Dengan pemahaman tersebut, kita akan semakin mengetahui kekuasaan Allah SWT. akibatnya, kita akan semakin taat dan takut melakukan kemaksiatan baik itu secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi. 

Sebagaimana penjelasan dalam surab itu sendiri:

“Mereka itu takut pada Allah di kesunyian ketika mereka tidak nampak di hadapan manusia lainnya.Mereka pun taat pada Allah dalam keadaan sembunyi-sembunyi. Tentu saja dalam keadaan terang-terangan, mereka pun lebih taat lagi pada Allah” ( QS Al Mulk : 12 )

4. Memberikan syafaat

Membaca alquran bisa mendapatkan syafaat dari alquran sendiri. Surah al-mulk yang juga termasuk Surah dalam al-quran, tentunya akan memberikan hal yang sama. Yaitu Syafaat di hari akhir. 

Sebagaimana sabda Rasulullah Saw.

“Bacalah al qur’an, karena sesungguhnya bacaan al qur’an itu akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafaat bagi orang-orang yang membacanya (sewaktu di dunia).” (HR. Muslim no. 804).


Semua manfaat-manfaat tersebut tentunya bisa kita raih ketika kita mengerjakannnya dengan ikhlas dan istiqomah ya.. 




Comments

Popular posts from this blog

Keistimewaan di bulan Dzulhijjah

Bagaimana berteman dengan non-Muslim?