Manfaat Media Sosial sebagai Sarana Dakwah Pendidikan Islam

Media Sosial merupakan media online (daring) yang dimanfaatkan sebagai sarana pergaulan sosial secara online di internet. Di media sosial, para penggunanya dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, berbagi, networking dan berbagai kegiatan lainnya. Dengan media sosial juga ada bisa berjualan online, belajar online dan banyak lagi. Seperti pada saat pamdemi sekarang ini yang mengharuskan kita untuk berada dirumah dan bekerja melalui online. Sama halnya dengan sekolah-sekolah yang ditutup dan membuat pelajar-pelajar belajar dari rumah. 

Menggunakan media sosial sebagai media dakwah akan menjadi sangat efektif. Dakwah merupakan tugas bagi setiap umat muslim yang dalam menjalaninya tidaklah semudah yang dibayangkan, karena begitu banyak persoalan dan tantangan yang harus dihadapi dilapangan. Oleh karena itu dakwah Islam harus fleksibel, mampu mengikuti perkembangan zaman, perkembangan umat dan budaya umat, harus dikemas dengan menarik. Ketika melihat situasi dan kondisi masyarakat ternyata Media Sosial begitu akrab dengan aktivitas keseharian masyarakat, bahkan tak sedikit yang setiap harinya pasti membuka Media Sosial, dari sini memanfaatkan Media Sosial sebagai media dakwah. 

Media Sosial memberikan banyak sekali manfaat sebagai media dakwah. Selain Manfaat, ada beberapa fungsi media sosial secara umum:

  1. Memperluas interaksi sosial manusia dengan memanfaatkan teknologi internet dan website.
  2. Menciptakan komunikasi dialogis antara banyak audiens.
  3. Membangun personal branding bagi para pengusaha ataupun tokoh masyarakat.
  4. Sebagai media komunikasi antara pengusaha ataupun tokoh masyarakat dengan para pengguna media sosial lainnya.

Saat ini ada banyak sekali jenis media sosial yang bisa kita temukan di internet. Selain jenis platformnya yang berbeda, jenis konten yang ada di dalam media sosial tersebut juga sangat beragam.

Berikut ini adalah beberapa jenis media sosial tersebut:

1. Social Networks

Social Networks atau jejaring sosial merupakan jenis media sosial yang paling umum dikenal masyarakat dan paling banyak digunakan. Beberapa social network yang paling banyak digunakan saat ini;

  • YouTube
  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • WhatsApp
  • Google Plus
  • Pinterest
  • Dan lain-lain

2. Komunitas Online (Forum)

Situs forum dan komunitas online umumnya dibangun oleh perorangan atau kelompok yang memiliki minat pada bidang tertentu. Para pengguna forum tersebut dapat melakukan diskusi, chatting, dan memposting tentang topik yang berhubungan dengan minat mereka. Beberapa contoh komunitas online:

  • Kaskus.co.id
  • Ads.id
  • Brainly.co.id
  • Bersosial.com
  • Formaxmanroe.com
  • Indowebster.com
  • Dan lain-lain

3. Situs Blog

Situs blog juga termasuk dalam kategori media sosial karena memungkinkan pemilik blog dan pembacanya untuk berinteraksi. Umumnya blog dibuat berdasarkan minat atau keahlian si pemilik blog dan konten di dalamnya dapat mempengaruhi banyak orang. Beberapa contoh situs blog:

  • Maxmanroe.com
  • Sugeng.id
  • Bloggerborneo.com
  • Juragancipir.com
  • Dan lain-lain

4. Social Bookmark

Ide awal dari situs social bookmark ini adalah sebagai wadah bagi para pengguna internet untuk menyimpan alamat website yang mereka sukai. Namun, belakangan ini pengguna situs social bookmark mulai berkurang karena situs ini banyak digunakan untuk kegiatan spam. Beberapa contoh situs social bookmark yang populer:

  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Slashdot
  • Diigo.com
  • Scoop.it
  • Dan lain-lain

Sekian dan Terima Kasih!
Semoga Bermanfaat 😊👍

#KKLDRIAINPADANGSIDIMPUAN
#KKLDRIAINPADANGSIDIMPUAN2020

Comments

Popular posts from this blog

Keistimewaan di bulan Dzulhijjah

Bagaimana berteman dengan non-Muslim?