Manfaat Mengerjakan Sholat Tahajud


Assalamu'alaikum wr.wb.

Sholat tahajud merupakan ibadah sunah yang dikerjakan pada malam hari. Tepatnya mulai ba'da sholat isya hingga menjelang subuh. Tapi, kita dianjurkan untuk mengerjakannya di sepertiga malam. Ada banyak keistimewaan yang diperoleh jika kita mau mengerjakan sholat tahajud secara rutin. Dan beberapa keistimewaannya adalah sebagai berikut:

1. Menenangkan hati dan pikiran
Dalam hadis Rasulullah Saw. bersabda:
“Apabila ia terbangun dan menyebut nama Allah, terurailah satu simpul. Lalu apabila ia berwudhu, terurailah satu simpul lagi. Kemudian apabila ia shalat, terurailah simpul yang terakhir. Maka ia di pagi hari dalam keadaan segar dan bersih jiwanya." (HR. Muttafaqun'alaih).

2. Mengangkat derajat
Firman Allah SWT. 
"Dan pada sebagian malam, dirikanlah shalat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS. Al-Isra:79)

3. Doa akan dikabulkan 
Rasulullah Saw. Bersabda:
“Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do'a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya." (HR. Muslim no. 757).

4. Menjaga kesehatan rohani
Allah SWT telah berfirman:
"Dan hamba-hamba Allah Yang Maha Penyayang ialah orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang-orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka." (QS. Al- Furqan:63-64).






Comments

Popular posts from this blog

Keistimewaan di bulan Dzulhijjah

Bagaimana berteman dengan non-Muslim?