Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

 Assalamu'alaikum wr.wb.

Berwudhu merupakan ritual suci seorang muslim sebelum mengerjakan ibadah seperti sholat, mengaji dan ibadah lainnya. Hal ini sudah tidak asing bagi kita dengan aktivitas berwudhu sebelum beribadah dengan bertujuan untuk mensucikan diri dari kotoran. 

Ada terdapat beberapa manfaat air wudhu menurut penelitian medis baik itu untuk kesehatan maupun kecantikan kulit. Karena sesuai dengan tujuan wudhu itu sendiri yaitu membersihkan diri dari kotoran, bakteri dan juga kuman pada tubuh, hal itu akan menyebabkan kita sebagai muslim dengan ibadah sholat 5 waktu saja kita sudah sering dalam kondisi bersih setelah berwudhu. Belum lagi jika dihitung dengan kegiatan ibadah kita yang lain yang mewajibkan kita untuk berwudhu. 

Berikut poin-poin manfaat wudhu bagi kesehatan:

1. Mencegah Penyakit THT

Salah satu aktivitas yang kita lakukan saat berwudhu adalah Istinsyaq yakni memasukkan air ke dalam lubang hidung dan Istinsyar yakni mengeluarkan air dari lubang hidung. Hal ini berguna untuk mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan telinga, hidung, dan tenggorokan atau THT. 

2. Menghilangkan Kuman

Hal ini sudah dijelaskan sebelumnya efek dari kita berwudhu sebelum beribadah. Selain itu, berwudhu sebelum tidur juga termasuk dalam manfaat ini. 

3. Mengurangi Sakit Kepala

Sakit kepala biasanya disebabkan stress, tekanan psikologi dan juga panas matahari yang terlalu berlebihan mengenai kulit kepala. Makan ketika kita berwudhu, saat itu tanpa sengaja kita melakukan terapi untuk memberi kesegaran pada otak sekaligus bisa mengurangi rasa sakit di kepala. 

4. Mengurangi Risiko Penyakit Kulit

Hal ini termasuk kategori manfaat untuk kecantikan. Dengan berwudhu, kita akan kembali dalam kondisi bersih baik itu dari kulit wajah, tangan, kaki, dan berbagai anggota tubuh lainnya yang sangat baik bagi kecantikan kulit. Sehingga selain bersih dan terlindung dari penyakit kulit, kulit kita juga akan lebih sering dalam kondisi lembab. 




Comments

Popular posts from this blog

Keistimewaan di bulan Dzulhijjah

Bagaimana berteman dengan non-Muslim?