Moderasi Beragama

 Assalamu'alaikum wr.wb

Moderasi beragama adalah cara pandang kita dalam beragama secara moderat, yakni memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem. Tapi bukan berarti menjadi lemah dalam beragama atau malah cenderung terbuka dan mengarah kepada kebebasan. 

Sangat keliru jika ada anggapan bahwa seseorang yang bersikap moderat dalam beragama berarti tidak serius, atau tidak sungguh-sungguh dalam mengamalkan ajaran agamanya.

Sedangkan sifat ekstrim te
rhadap agama itu sendiri muncul akibat cara pandang yang sempit terhadap agama, sehingga merasa paling benar dan tidak bisa menerima ada pendapat yang berbeda.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita dan siapa saja yang memahami keberagamaan yang moderat bagi kita umat beragama, untuk menyebarluaskan pemikiran ini. Jangan sampai Indonesia menjadi penuh dengan permusuhan, kebencian, dan pertikaian. Kerukunan baik dalam umat beragama maupun antarumat beragama adalah modal dasar bangsa ini menjadi kondusif dan maju.

Untuk itu, pemikiran ini seharusnya tidak cukup bila hanya dipromosikan saja, melainkan juga didesakkan sebagai aksi dan gerakan bersama seluruh komponen bangsa baik pemerintah maupun kelompok agama agar ekstremisme dan kekerasan atas dasar kebencian kepada agama dan suku yang berbeda bisa ditekan dan dihilangkan menuju beragama yang toleran, damai dan menghargai sesama. 








Comments

Popular posts from this blog

Keistimewaan di bulan Dzulhijjah

Bagaimana berteman dengan non-Muslim?